Tim Olimpiade Matematika Indonesia (SMA)

Pembahasan mengenai Tim Olimpiade Matematika Indonesia sangat luas. Oleh karena itu postingan kali ini saya mencoba menjelaskan beberapa tahap pembentukan Tim Olimpiade Matematika Indonesia untuk satuan pendidikan SMA di Indonesia. Adapun tahap seleksinya sebagai berikut:
1. Seleksi Sekolah
Seleksi sekolah sangat tergantung sekolah masing-masing, beberapa sekolah yang sudah langganan menang (baik langganan menang tk Kabupaten, Provinsi, atau bahkan Nasional) sangat mungkin mengeluarkan soal seleksi yang lebih mirip soal OSP dan OSN, karena targetnya memang tidak hanya tk Kota/Kabupaten.

2. Seleksi Kabupaten (dikenal dengan nama OSK)
Kebijakan mengenai banyaknya perwakilan sekolah yang berhak mengikuti OSK berbeda-beda, dahulu pernah tidak dibatasi, pernah maksimal 5. Namun, karena alasan pemerataan setahu saya dibatasi maksimal tiga uintuk tahun 2012. Kebijakan ini pernah saya kemukakan di sini, dan soal untuk tingkat kabupaten dapat dibaca di sini.  Banyaknya soal 20 dan semuanya isian singkat.

3. Seleksi Provinsi
Kebijakan mengenai banyaknya perwakilan kota/kabupaten yang berhak mengikuti OSP berbeda-beda, untu Jawa tengah caranya dirangking peringkat 1-35, lalu diambil 2 masing-masing kanupaten kota. Berbeda debgab DIY yang mengambil 3 masing-masing kabuipaten, lalau menambah sekitar 20 siswa untu seleksi provinsi. Banyaknya soal ada 20 soal isian singkat (masing-masing maksimal 1 poin), ditambah 5 soal Essay (masing-masing maksimal 7 poin), sehingga nilai maksimal yang dapat diraih ada 55 poin.

4. Olimpiade Sains Nasional
Sekitar 90-120 peserta terbaik dari seruh provinsi (tanpa mengabaikan keterwakilan masing-masing provinsi) berkesempatan mengikuti ajang ini, Indonesia telah menyelenggarakan olimpiade matematika, yang merupakan bagian dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) sejak tahun 2002. Pada tahun pertama, ada 7 soal yang dikerjakan selama 4 jam. Untuk tahun-tahun berikutnya olimpiade diselenggarakan selama dua hari, peserta mengerjakan 4 soal selama 3 jam per hari. Bahkan untuk 2012 menjadi 4 jam per hari. Seiiring berkembangnya teknologi Informasi, Tingkat kesulitan soal olimpiade di Indonesia semakin meningkat baru-baru ini.
Adapun bentuk penghargaan yang diberikan untuk para pemenang, diantaranya:
a. Medali emas (5 siswa, peringkat 1-5)
b. Medali perak (10 siswa, peringkat 6-15)
c. Medali perunggu (15 siswa, peringkat 16-30)

5. Pelatihan Nasional Tahap I 
Seluruh peraih medali emas dan medali perak berhak mengikuti tahap ini, ditambah para alumni tahap II tahun sebelumnya yang nelum lulus, dan siswa kelas 11 ke bawah yang mampu mendapat perunggu, atau nyaris mendapat perunggu, sehingga diperoleh setidaknya 30 siswa terbaik, untuk dilatih membiasakan diri menghadapi soal di tingkat internasional.

6.  Pelatihan Nasional Tahap II
Sekitar 15 siswa terbaik pada tahap I akan dikarantina kembali, dapat dikatakan mereka stock utama tim nasional kita, ketika akan ada  olimpiade internasional mereka yang akan digunakan  (sehingga hanya perlu digunakan satu kali seleksi), adapun beberapa olimpiade Internasioanl yang diikuti siswa terpilih dari tahap II:

A. European Girls Mathemathics Olympiad
Seperti namanya, olimpiade ini dikhususkan untuk wanita, dengan kurikuilum  olimpiade negara eropa, Jikla anda seorangt wanita dan mencapai tahap II, sangat dimungkinkan anda akan menjadi wakil Indonesia di ajang ini.

B.  Asia Pasific Mathemathics Olympiad
Asian Pacific Mathematics Olympiad (APMO) adalah olimpiade matematika untuk siswa sekolah menengah yang diselenggarakan untuk negara-negara yang berada di sekitar Samudrat Pasifik. Olimpiade ini dilaksanakan sejak tahun 1989, dan Indonesia termasuk negara pesertanya. Pengerjaan soal berlangsung selama 4 jam, di mana terdapat 5 soal dengan bobot masing-masing 7 poin. Satu negara mengirimkan 10 pekerjaan peserta terbaiknya untuk dinilai.Adapun bentuk penghargaan yang diberikan untuk para pemenang, diantaranya:
a. Medali emas (Maksimal 1 siswa per negara, dengan syarat mencapai cut off emas)
b. Medali perak (Peringkat Nasional tidak boleh lebih dari 3, dengan syarat mencapai cut off perak)
c. Medali perunggu (Peringkat Nasional tidak boleh lebih dari 7, dengan syarat mencapai cut off perunggu)
d. Honorable Mention (Jika tidak mendapat medali, namun mampu mendapat nilai 7   setidaknya pada salah satu soal)

C. Intenational Mathemathics Olympiad (IMO)
International Mathematics Olympiad (IMO) merupakan olimpiade matematika yang paling bergengsi di dunia. Olimpiade ini pertama kali diadakan pada tahun 1959 dengan 7 negara yang berkompetisi. Sekarang sudah lebih dari 90 negara yang mengikutsertakan siswa-siswi terbaiknya dalam ajang ini. Pada tahun-tahun belakangan ini, sudah ada aturan yang menstandarisasi soal-soalnya yaitu peserta mengerjakan 3 soal selama 4,5 jam dalam 2 hari. Indonesia telah mengikuti olimpiade ini selama kurang lebih 20 tahun, namun sayangnya belum pernah meraih medali emas. Adapun penghargaan pada ajang ini, adalah:
a. Medali emas (Maksimal 1/12 nilai tertinggi dari total keseluhan peserta)
b. Medali perak (Maksimal 1/4 nilai tertinggi dari total keseluhan peserta, dengan syarat tidak memperoleh medali emas)
c. Medali perunggu (Maksimal 1/4 nilai tertinggi dari total keseluhan peserta, dengan syarat tidak memperoleh medali perak)
d. Honorable Mention (Jika tidak mendapat medali, namun mampu mendapat nilai 7 setidaknya pada salah satu soal)

Drmikian informasi bagaimana Tim Olimpiade Matematika Indonesia (SMA) terbentuk, besar harapan saya para pembaca melengkapi dan merevisi artikel ini (terutama untuk yang lebih berpengalaman)Jika anda ingin mencari informasi lebih lanjut anda dapat mencari di daftar isi blog

Tulisan ini telah dibaca 2844 kali

2 thoughts on “Tim Olimpiade Matematika Indonesia (SMA)

  1. kalo di tingkat mahasiswa sudah jarang ada olimpiade mtk ya?

    dulu pas SMA pernah ikut cuma lolos tingkat sekolah, maju ke tk kabupaten ga lolos ke tk provinsi.

    terus sering ikut ke olimpiade2 yg diadakan univ2 di jogja,
    boro2 menang, lolos ke tahap selanjutnya aja gak pernah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Please type the characters of this captcha image in the input box

Please type the characters of this captcha image in the input box

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Note: Commenter is allowed to use '@User+blank' to automatically notify your reply to other commenter. e.g, if ABC is one of commenter of this post, then write '@ABC '(exclude ') will automatically send your comment to ABC. Using '@all ' to notify all previous commenters. Be sure that the value of User should exactly match with commenter's name (case sensitive).